Friday, July 4, 2014

TREND-FASHION-HIJAB mengetahui makna dan hubungannya dengan syari'ah

Assalamualaikum..

Jumu'ah mubarak semua!

Pagi ini abis baca artikel sahabat tentang hijab yang lagi fenomenal, dilanjutin dengan membaca artikel lainnya tentang hijab juga. Berhubung ini bulan Ramadhan-bulan baik untuk sama-sama kita memperbaiki dan meningkatkan kualitas diri- yuk kita sama-sama belajar untuk tau apa itu trend, fashion, hijab dan hubungan antara ketiganya.!


1. TREND/tren

Trend adalah keadaan dimana suatu hal sedang banyak digemari atau sedang menjadi perhatian banyak orang. Contohnya, dua bulan ini lagi trend pemilu di Indonesia dan sedang trend piala dunia di negara lain. Bersumber dari berbagai artikel yang aku baca salah satunya ini, trend memang erat kaitannya dengan fashion tapi hakikat secara makna trend bisa dipakai untuk hal apapun, seperti contoh yang aku kasih diatas atau lebih erat lagi kaitannya sama ekonomi alias bisnis, kalau kita gak mau rugi, ada baiknya bisinis kita itu sesuai trend yang sedang ada. trend juga ada macem-macem, gak usah dibahas disinilah ya.. kepanjangan.. hihihi ^^v


2. FASHION/mode

Fashion, menurut wikipedia adalah gaya berpakaian yang populer dalam suatu budaya. Secara umum, fesyen termasuk masakan, bahasa, seni, dan arsitektur. Secara etimologi menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, mode merupakan bentuk nomina yang bermakna ragam cara atau bentuk terbaru pada suatu waktu tertentu (tata pakaian, potongan rambut, corak hiasan, dan sebagainya). Misalnya dalam suatu daerah yang budaya berpakaiannya adalah wanita berpakaian tertutup semuanya tidak terkecuali dan hanya menggunakan warna hitam, apakah itu tidak termasuk fashion? Menurut saya termasuk.


3. HIJAB

Hijab, menurut wikipedia juga nih, adalah kata dalam bahasa Arab yang berarti penghalang. Pada beberapa negara berbahasa Arab serta negara-negara Barat, kata "hijab" lebih sering merujuk kepada kerudung yang digunakan oleh wanita muslim. Namun dalam keilmuan Islam, hijab lebih tepat merujuk kepada tatacara berpakaian yang pantas sesuai dengan tuntunan agama.
Kalau ada kata 'hijabers' berati itu artinya sekumpulan orang yang berkerudung, atau yang berpakaian sesuai tuntunan agama yaitu menutup aurat.

Sekarang hubungan antara ketiga itu dengan syariah, atau bahasa entengnya aturan agama deh.
Trend Fashion Hijab itu kalau dari maknanya berhubungan erat gak sama agama? erat banget.
Biasanya orang yang make hijab itu udah pasti ngikutin trend fashion yang lagi in dan karna dia berhijab otomatis nutup aurat, nutup aurat kan aturan agama. erat kan?

Fenomena hijab yang lagi in sekarang, memang karna lagi tren aja, bukan berati setelah abis trendnya mereka gak berhijab lagi. Coba di cermati baik-baik kemana arah trend itu mengalir. Tahun 2010 komunitas 'hijabers' muncul, sejak itu banyak kerudung-kerudung 'aneh' berkeliaran. Tapi lihat, gak semua orang berkerudung 'aneh' saat itu, hanya golongan orang berduit aja. Gak semua orang juga berkerudung aneh, ada beberapa orang yang juga masih santun berpakaiannya. Trend kerudung aneh ini terus berlanjut sampe tahun 2012.

Uniknya saat ini, karna trend ini diikuti oleh orang berduit, jadi banyaklah bermunculan video-video tutorial hijab atau kerudung. Akhir tahun 2012 mulai ada pergeseran tren, yang tadinya 'aneh' berubah jadi lebih santun, kerudungnya lebih panjang, bajunya nutupin bokong, ada yang jadi sering pake rok atau gamis, ada yang udah sering pake kaos kaki. Sejak itu muncul trend syar'i, kerudung panjang dan lebar dan gamis lebar. ini suatu kemajuan trend yang positif bukan? Lagi-lagi saat ini trendnya hanya diikuti oleh orang berduit. Lalu yang berduit?

Nah ini dia yang jadi masalah, yang berduitnya cukup, malah baru lagi ngetren hijab 'aneh'. kata lainya telat banget lah baru ngetren. Ini aku gak sembarang ngomong loh, ini bener kejadian di hidupku, aku ngalamin sendiri adanya keterlambatan tren yang masuk untuk kalangan yang berduit cukup. Sialnya, saat trend syar'i bergerak masuk, gak ada lagi tuh, video-video tutorial kayak jaman kerudung aneh. Jadi akses untuk kalangan yang berduit cukup ini juga terarah menuju syar'i kurang. Ditambah banyak gerakan gerakan yang secara keras menentang tren hijab aneh ini.

Menurutku trend hijab aneh itu gak salah, justru itu memudahkan dakwah menutup aurat. Selama ini dakwah pake cara biasa, dari sekian banyak yang di dakwahi, cuma sedikit yang ikut. menutup aurat itu sejatinya bertahap. Hijab aneh bisa jadi jembatan untuk menjilbabi hati orang yang memakainya, buktinya sudah banyak yang meloncat ke arah syar'i (baca tulisanku sebelumnya, disini). Nah, alangkah lebih baiknya, kita berdakwah melalui media yang mudah di akses oleh semua kalangan dan digemari, video misalnya, atau foto-foto memakai hijab yang syar'i. Supaya orang yang lagi trend kerudung aneh, bisa juga ikut berhijab syar'i seperti yang sudah syar'i. Buat yang sudah syar'i tetap istiqomah, semoga trendnya tetap berlanjut dan berakhir husnul khotimah.

Segitu aja deh tulisanku, semoga bisa bermanfaat, dan membuka hati kita semua..

No comments:

Post a Comment

Feel Free to comment, I'd love to read them all :)

You might also liked:

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...